Adobe Flash adalah aplikasi yang
sangat unik dan menarik, perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat digunakan
dalam presentasi maupun ujian serta dijadikan wahana belajar materi – materi
ajaran dalam mata pelajaran atau mata kuliah.
Berikut
akan dijelaskan secara rinci mengenai cara – cara membuat tampilan Flash
seperti contoh :
a.
Langkah
awal, buat Layer berikut :
ü Layer Label untuk nama – nama tiap Frame,
ü Aksi untuk aksi – aksi yang akan diberikan pada frame – frame
tampilan sehingga akan menarik,
ü Teks untuk tempat untuk mengetik,
ü Btn untuk frame button atau pengaturan button – button, dan
ü Latar untuk memberikan background pada tampilan frame.
b.
Pada
layer Label, klik kanan insert keyframe dan ada kotak isian.
Lalu, isi nama masing – masing frame tersebut, diantaranya :
Ø home untuk pembuka,
Ø menu untuk sub pokok bahasan,
Ø materi untuk bahan ajaran,
Ø contoh untuk contoh soal atau latihan soal,
Ø soal untuk tugas dan
Ø tutup sebagai penutup dan hasil akhir atau nilai tugas tadi.
c.
Pada
layer btn dan teks, masing – masing disamakan jumlah masing – masing Frame.
d.
Sebelum
memulai operasi yang lain pada layer tertentu, kunci layer yang lain gunanya
agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.
e.
Pada
layer teks, ketik seluruh yang anda inginkan seperti pembuka, penutup, soal –
soal, contoh soal dan lain –lain. Kecuali isi bahan materi. Ingat pada
properties symbol “T” (jenis teks) adalah static text.
f.
Sedangkan
button – button di bagian kiri caranya : klik button yang diinginkan pada kotak
library di layar bagian kanan, lalu klik dan tahan hingga menuju ke lembar
kerja
g.
Beri
nama masing – masing button dengan klik 2X button menu. Pada action button menu
berisi sebagai berikut :
on(press){
gotoAndStop("menu");
}
Pada action button lainnya juga seperti itu, namun untuk yang
button lainnya pada kurung tutup dan kurung buka berisi sesuai menu – menu
masing.
h.
Untuk
membuat button Up caranya ketikkan Up pada layer Teks Frame materi. Beri
persegi dengan cara klik rectangle tool
pada bagian kiri layar. Seleksi antara persegi dan Up. Lalu, klik kanan
mouse dengan pilih dan klik Create New Symbol. Setelah muncul kotak dialog, isi
Name dengan Up dan Pilih type button. Klik ok. Hal ini berlaku sama dengan
button Down
Ketikkan action button Up sperti ini
on(press){
text.scroll-=1;
}
Sedangkan pada Down :
on(press){
text.scroll+=1;
}
i.
Untuk
membuat Prev dan Next, caranya sama
seperti Up dan Down. Hanya tidak perlu memberikan persegi.
Namun, isian pada action button prev berisi :
on(press){
prevFrame();
}
Pada action button next berisi :
on(press){
nextFrame();
}
j.
Copy
semua Button dengan cara copy lalu klik paste in Place.
k.
Untuk
membuat bahan ajaran pada layer teks, caranya ketik seluruh bahan ajaran, lalu
pada properties ganti static text dengan dynamic text. Pada sudut kanan bawah
klik 2X samapi berubah kotak hitam. Lalu,
klik dan tahan tarik ke atas sesuai keinginan Anda. Hal ini berlaku pada
tampilan frame Menu.
l.
Buat
invisible button dengan cara klik 2X di sembarang tempat, lalu buat persegi dan
klik kanan pada persegi pilih dan klik create new symbol , isi name dengan inv-btn
dan type symbol lalu pilih hit setelah itu klik scene 1. Pada library klik inv-btn
dan letakkan pada masing – masing jawaban, serta atur sedemikian rupa pada frame
contoh maupun soal.
m.
Selanjutnya,
buat kotak info untuk info jawaban dengan cara pada properties jenis teks
Dynamic text. Lalu, klik dan tahan hingga membentuk persegi panjang.
n.
Pada
layer btn frame contoh untuk memberikan info jawaban yang benar pada action
button ketik seperti di bawah ini :
on(press){
if(soal=1){
pesan3="Selamat,
Jawaban kamu benar";
}
}
Sedangkan untuk jawaban yang salah bisa menuliskan seperti ini :
on(press){
if(soal=1){
pesan3="Jawaban
kamu salah,jawaban yang benar adalah pilihan A";
}
}
o.
Pada
frame soal di jawaban yang benar ketik seperti di bawah ini :
//--script jawaban benar--
on(press){
if(soal=1){
hasil+=1;
soal=0;
nextFrame();
}
}
Sedangkan untuk jawaban yang salah ketik seperti di bawah ini :
//--scripttomboljawabansalah--
on(press){
soal=0;
nextFrame();
}
p.
Untuk
action button frame pertama soal ketikkan :
stop();
q.
Pada
frame tutup
untuk action button “Ya” ketik seperti di bawah ini :
on(press){
fscommand("quit,true");
}
Dan pada action button “Tidak” ketik seperti di bawah ini :
on(press){
gotoAndStop("menu");
}
r.
Untuk
memberi background pada layer latar caranya pilih menu file, klik import –
import to library. Lalu pilih background kesukaan Anda.
s.
Pada
layer aksi, frame pertama action frame ketik seperti di bawah ini :
stop();
fscommand("fullscreen",true)
dan pada frame soal, insert blank keyframe lalu pada action frame
ketik seperti di bawah ini :
stop();
hasil<0;
hasil=1;
Pada frame terakhir insert blank keyframe lalu pada action frame
bisa ketik seperti di bawah ini :
stop();
hr =
int((hasil/10)*100);
if(hr<=50){
nilai="nilaimu
cuma"+hr+"Belajar lagii yaaa...";
}else
if(hr<90){
nilai="nilaimu"+hr+",lumayan
bagus..";
}else
if(hr>=90){
nilai="nilaimu"+hr+"SEMPURNAaa...";
}
Finish……………
Selamat Mencoba…!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar