Jumat, 12 Desember 2014

tugas flash

https://drive.google.com/file/d/0Bxz5RuFBrYZkOWoxTE55MS1FTHM/edit?usp=sharing   


         Adobe Flash adalah aplikasi yang sangat unik dan menarik, perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat digunakan dalam presentasi maupun ujian serta dijadikan wahana belajar materi – materi ajaran dalam mata pelajaran atau mata kuliah.
            Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai cara – cara membuat tampilan Flash seperti contoh :
a.       Langkah awal, buat Layer berikut :
ü  Layer Label untuk nama – nama tiap Frame,
ü  Aksi untuk aksi – aksi yang akan diberikan pada frame – frame tampilan sehingga akan menarik,
ü  Teks untuk tempat untuk mengetik,
ü  Btn untuk frame button atau pengaturan button – button, dan
ü  Latar untuk memberikan background pada tampilan frame.
b.      Pada layer Label, klik kanan insert keyframe dan ada kotak isian.
Lalu, isi nama masing – masing frame tersebut, diantaranya :
Ø  home untuk pembuka,
Ø  menu untuk sub pokok bahasan,
Ø  materi untuk bahan ajaran,
Ø  contoh untuk contoh soal atau latihan soal,
Ø  soal untuk tugas dan
Ø  tutup sebagai penutup dan hasil akhir atau nilai tugas tadi.
c.       Pada layer btn dan teks, masing – masing disamakan jumlah masing – masing Frame.
d.      Sebelum memulai operasi yang lain pada layer tertentu, kunci layer yang lain gunanya agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.
e.       Pada layer teks, ketik seluruh yang anda inginkan seperti pembuka, penutup, soal – soal, contoh soal dan lain –lain. Kecuali isi bahan materi. Ingat pada properties symbol “T” (jenis teks) adalah static text.
f.       Sedangkan button – button di bagian kiri caranya : klik button yang diinginkan pada kotak library di layar bagian kanan, lalu klik dan tahan hingga menuju ke lembar kerja
g.      Beri nama masing – masing button dengan klik 2X button menu. Pada action button menu berisi sebagai berikut :
on(press){
            gotoAndStop("menu");
}
Pada action button lainnya juga seperti itu, namun untuk yang button lainnya pada kurung tutup dan kurung buka berisi sesuai menu – menu masing.
h.      Untuk membuat button Up caranya ketikkan Up pada layer Teks Frame materi. Beri persegi dengan cara klik rectangle tool  pada bagian kiri layar. Seleksi antara persegi dan Up. Lalu, klik kanan mouse dengan pilih dan klik Create New Symbol. Setelah muncul kotak dialog, isi Name dengan Up dan Pilih type button. Klik ok. Hal ini berlaku sama dengan button Down
Ketikkan action button Up sperti ini
on(press){
            text.scroll-=1;
}
Sedangkan pada Down :
on(press){
            text.scroll+=1;
}
i.        Untuk  membuat Prev dan Next, caranya sama seperti Up dan Down. Hanya tidak perlu memberikan persegi.
Namun, isian pada action button prev berisi :
on(press){
      prevFrame();
}
Pada action button next berisi :
on(press){
            nextFrame();
}
j.        Copy semua Button dengan cara copy lalu klik paste in Place.
k.      Untuk membuat bahan ajaran pada layer teks, caranya ketik seluruh bahan ajaran, lalu pada properties ganti static text dengan dynamic text. Pada sudut kanan bawah klik 2X  samapi berubah kotak hitam. Lalu, klik dan tahan tarik ke atas sesuai keinginan Anda. Hal ini berlaku pada tampilan frame Menu.
l.        Buat invisible button dengan cara klik 2X di sembarang tempat, lalu buat persegi dan klik kanan pada persegi pilih dan klik create new symbol , isi name dengan inv-btn dan type symbol lalu pilih hit setelah itu klik scene 1. Pada library klik inv-btn dan letakkan pada masing – masing jawaban, serta atur sedemikian rupa pada frame contoh maupun soal.
m.    Selanjutnya, buat kotak info untuk info jawaban dengan cara pada properties jenis teks Dynamic text. Lalu, klik dan tahan hingga membentuk persegi panjang.
n.      Pada layer btn frame contoh untuk memberikan info jawaban yang benar pada action button ketik seperti di bawah ini :
on(press){
            if(soal=1){
                        pesan3="Selamat, Jawaban kamu benar";
            }
}
Sedangkan untuk jawaban yang salah bisa menuliskan seperti ini :
on(press){
            if(soal=1){
                        pesan3="Jawaban kamu salah,jawaban yang benar adalah pilihan A";
            }
}
o.      Pada frame soal di jawaban yang benar ketik seperti di bawah ini :
//--script jawaban benar--
on(press){
            if(soal=1){
                        hasil+=1;
                        soal=0;
                        nextFrame();
            }
}
Sedangkan untuk jawaban yang salah ketik seperti di bawah ini :
//--scripttomboljawabansalah--
on(press){
            soal=0;
            nextFrame();
}
p.      Untuk action button frame pertama soal ketikkan :
stop();
q.      Pada frame tutup
untuk action button “Ya” ketik seperti di bawah ini :
on(press){
            fscommand("quit,true");
}
Dan pada action button “Tidak” ketik seperti di bawah ini :
on(press){
            gotoAndStop("menu");
}
r.        Untuk memberi background pada layer latar caranya pilih menu file, klik import – import to library. Lalu pilih background kesukaan Anda.
s.       Pada layer aksi, frame pertama action frame ketik seperti di bawah ini :
stop();
fscommand("fullscreen",true)
dan pada frame soal, insert blank keyframe lalu pada action frame ketik seperti di bawah ini :
stop();
hasil<0;
hasil=1;
Pada frame terakhir insert blank keyframe lalu pada action frame bisa ketik seperti di bawah ini :
stop();
hr = int((hasil/10)*100);
if(hr<=50){
            nilai="nilaimu cuma"+hr+"Belajar lagii yaaa...";
}else if(hr<90){
            nilai="nilaimu"+hr+",lumayan bagus..";
}else if(hr>=90){
            nilai="nilaimu"+hr+"SEMPURNAaa...";
}
Finish……………
Selamat Mencoba…!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar